Kesehatan

PMI Kota Pontianak Gelar Halal Bihalal Bersama Panitia Donor Darah

Pontianak - Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Pontianak menggelar acara Halal Bihalal bersama Panitia Donor Darah Yayasan Bhakti Suci, Forkom Kebakaran Kota Pontianak, RSU Kharitas Bhakti dan Pontianak Post di Aula UDD PMI Kota Pontianak, Selasa (2/6).

Halal Bihalal ini dihadiri oleh Kepala Markas PMI Kota Pontianak Lusi Nur Yanti, Ketua Umun YBS, Susanto Muliawan Lim, Ketua Panitia Donor Darah Eric Muliawan, Direktur RSU Kharitas Bhakti, drg Krisna Karhianto, Ketua Forkom Kebakaran Kalbar Ateng Tanjaya.

Kepala Markas PMI Kota Pontianak Lusi Nur Yanti memberikan apresiasi atas antusias pendonor yang mendonorkan darahnya di UDD PMI Kota Pontianak.

"Ini untuk pertama kali, swasembada darah di bulan Suci Ramadan. Pendonor darah membludak untuk donorkan darahnya," kata Lusi Nur Yanti.

Kepala Markas PMI Kota Pontianak juga meminta antuaias para pendonor yang telah mendonorkan darahnya harus dijadikan sebagai sebuah kebiasaan yang harus di teruskan.

"Baru tahun ini di Bulan Ramadan, ada 1.004 Kantong darah dari para pendonor yang mendonorkan darahnya. Kita kebanjiran darah di UDD PMI," jelasnya.

Dikatakannya, para pendonor datang bukan karena ada paket sehabis mendonorkan darahnya tapi jiwa para pendonor sudah terpanggil untuk mendonorkan darahnya.

"Alhamdulillah, stok darah kita di PMI masih ada diatas 200 kantong. Semoga kondisi ini terus bsrtahan," pintanya.

PMI Kota Pontianak, masih kata Sekretaris PMI Kota Pontianak, selalu mengharapkan darah dari para pendonor untuk terus mendonorkan darahnya.

Sementara itu, Ketua Umum YBS, Susanto Muliawan Lim mengatakan, Aksi Donor Darah yang terbentuk atas kerjasama YBS bersama Forkom Kebakaran Kalbar, RSU Kharitas Bhakti dan Pontianak ini sudah mulai pasca Rakor Pembentukan Panitia.

"Tanggal 13 Mei kita sudah mulai, dan target awal hanya 100 kantong darah," kata Susanto Muliawan Lim.

Karena antusias para pendonor yang mau mendonorkan darahhya begitu banyak, sehingga target awal yang diteargetkan 100 kantong dapat meningkat menjadi 1.004 kantong darah.

"Awalnya, kita akan tutup aksi ini 16 Mei, karena antusias Pendonor Membludak, kita perpanjang hinga H-1 Idul Fitri. Akhirnya kita bisa mendapatkan 1.004 kantong darah dari target awal 100 kantong," ujarnya.

Dalam suasana Bulan Suci Ramadan dan diikuti dengan pandemi Covid-19 ini, tentu kondisi ini tidak akan memberikan/dengan mudah mendapatkan darah dari para pendonor untuk mendonorkan darahhya.

(Dika)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top