Hukrim

Polresta Pontianak Tangkap Seorang Ibu Yang Buang Bayinya Sendiri di Tong Sampah

Photo: Kombes Pol Komarudin

Pontianak - Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Sat Reskrim Polresta Pontianak Kota dan Polsek Pontianak Utara berhasil mengungkap dan menangkap D (21) dalam kasus Tindak Pidana Pembuangan Bayi yang terjadi ditempat Pembuangan Sampah di Jalan Parit Pangeran Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara, Kalimantan Barat pada Selasa, 30 Juni 2020. Pelaku merupakan orang tua kandung bayi tersebut.

Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Komarudin menerangkan, bahwa terungkapnya kasus pembuangan bayi berawal dari ditemukannya bayi di suatu bak tempat pembuangan sampah. Pada saat ditemukan kondisi bayi tersebut masih dalam keadaan hidup dimasukan ke dalam kotak kardus diselimuti kain sprei dan tali pusar dalam keadaan sudah terpotong.

"Selanjutnya saksi yang menemukan bayi tersebut membawa bayi ke Pukesmas terdekat untuk melakukan pertolongan, dan menginformasikan penemuan bayi ke Polsek Pontianak Utara,"kata Kombes Pol Komarudin.

Ia melanjutkan, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat anggota Polsek Pontianak Utara langsung mengecek lokasi. Dan dari hasil penyelidikan diketahui bahwa pelaku yang membuang bayi ada D yang merupakan orang tua korban.

"Kemudian Unit PPA Sat Reskrim Polresta Pontianak Kota dan mengamankan pelaku D. Dari hasil introgasi singkat terhadap terduga pelaku, yang bersangkutan mengakui atas perbuatanya,"kata Komarudin.

"Atas perbuataannya tersebut terlapor terancam dijerat pasal 77b Jo 76b UU No.35 TA. 2014 tentang Perubahan atas UU No.23 TA. 2003 tentang perlindungan anak dan atau Pasal 308 KUHP,"tegasnya.

(Rah)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top