Busines

Gubernur Kalbar Terima Kunjungan GM PLN Wilayah Kalbar

Pontianak - Gubernur Kalbar H Sutarmidji menerima kunjungan kerja General Manager (GM) PLN Wilayah Kalbar J.A. Ari Dartomo beserta Jajarannya di Pendopo Gubernur Kalbar, Rabu (8/7).

Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi karena merupakan GM PLN Wilayah Kalbar yang baru serta progres percepatan desa di Provinsi Kalbar dalam memenuhi kebutuhan listrik, karena masih banyak desa di Provinsi Kalbar yang belum ada listrik.

"Dari data PLN ada 500 desa, dan dari catatan Pemprov Kalbar ada 180 desa yang sulit untuk pakai jaringan. Perlu cara lain, seperti pemanfaatan sumber air terjun dapat digunakan Pembangkit Mikrohidro dan Solar Cell atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dapat dikelola oleh desa," kata Gubernur Kalbar H Sutarmidji, saaat menerima kunjungan GM PLN Wilayah Kalbar.

Dikatakannya, untuk penggunaan daya listrik ditargetkan cukup, hanya saja investasi di jaringan distribusinya yang mahal, sehingga masyarakat harus bersabar, karena dengan desa yang sudah ada listriknya maka produktifitas akan lebih baik.

Untuk Desa Mandiri dan Maju sudah memiliki listrik karena salah satu indikatornya adalah listrik sudah ada, sedangkan desa tertinggal dan berkembang rata-rata masih belum masuk listrik." ungkapnya.

Kebetulan Dapil Kalbar di DPR Pusat ada wakil Kalbar di Komisi VII sehingga bisa berkoordinasi untuk melakukan percepatan-percepatan dalam proses pembangunan terutama pemenuhan listrik di desa-desa.

"Kita juga selama ini terbantukan dengan adanya CSR yang membantu pemasangan listrik dirumah-rumah penduduk," ujarnya.

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top