Kuliner

Resep Membuat Pengkang Isi Udang Ebi

Photo : Kuliner Pengkang

Mempawah - Hai teman, untuk kalian yang sedang melakukan perjalanan ke kota Singkawang, pasti melewati jalan Peniti. Di Jalan ini semua orang tahu ada tempat kuliner pondok pengkang. Pondok pengkang menyediakan makanan pengkang yang terbuat dari bahan beras ketan dan disantap dengan sambal kepah.

Pondok pengkang letaknya di Jalan Peniti, Desa Peniti Dalam, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Apabila kamu dari pontianak perjalanan yang ditempuh sekitar 30 menit dan lokasinya sebelum kota mempawah.

Untuk menikmati panganan pengkang ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 20 ribu sudah ples minum. Panganan pengkang oleh pemilik pondok hanya di jual Rp 10 ribu untuk satu tusuk isi dua dan sudah tersedia sambal dalam piring untuk di cocolkan pengkang.

Nah, apabila kamu ingin membeli panganan pengkang untuk oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah, kamu tinggal pesan dengan pelayan. Dan pelayan akan melayani dengan paket bungkus, harganya Rp 50 ribu isinya 5 tusuk atau 10 pcs.

Apabila kamu mau mencoba membuat pengkang, ini resepnya, dan bahan yang harus dipersiapkan:

Pertama, siapkan beras ketan 200 gram dan rendam sekitar satu jam, kemudian siapkan santan kental 130 Mili gram, 1/2 daun pandan, 1 lembar daun pisang secukupnya. Dan untuk isi pengkang bahan isianya, udang ebi 300 gram, bawang putih, cabe goreng merah, daun jeruk, air asam dan minyak goreng.

Semua bumbu yang sudah dipersiapkan kemudian di haluskan, seperti bawang merah 3 butir, cabe merah 2 buah, cabe rawit 2 buah, gula merah dan garam secukupnya.

Kemudian Cara Membuat Pengkang :

Campur santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. ngkat, Kukus ketan sampai setengah matang.vAngkat dan pindahkan ke dlm panci, lalu tuang santan sedikit demi sedikit ke dalam ketan, aduk hingga rata kukus ketan selama 30 menit hingga matang.

Angkat dan sisihkan. Isi: Sangrai ebi hingga kering, sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum. Tambahkan air asam, masukkan ebi. Aduk rata. Tambahkankan bawang putih goreng dan cabe merah. Aduk rata dan masak hingga matang dan kering.

Angkat siapkan selembar daun pisang, bentuk kerucut, lalu masukkan sedikit adonan ketan dan beri isi ebi di tengahnya, bungkus bentuk kerucut dan rapikan kemudian bakar hingga agak kecoklatan dan harum, angkat dan sajikan dengan daun pisang dan jepit dengan bambu.Panggang sambil diolesi dengan minyak agar mengkilat sebelum disajikan dan sajikan saat pengkang masih hangat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top