Hukrim

Kolonel Marinir Andi Rukman Jabat Danlantamal XII Pontianak

Pontianak - Mantan Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) XII Tahun 2015-2017, Kolonel Marinir Andi Rukman dimutasi dan promosi jabatan sebagai Danlantamal XII Pontianak Koarmada I menggantikan Laksma TNI Agus Hariadi Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/588/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 181 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 76 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 82 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 23 Pati jajaran TNI Angkatan Udara, Senin (27/7).

Dengan Promosi jabatan ini, Pamen dari Satuan Marinir ini akan mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya menjadi Laksamana Pertama TNI (Bintang Satu) dipundak.

Kolonel Marinir Andi Rukman diangkat menjadi Danlantamal XII Pontianak melalui mutasi dan promosi yang dilakukan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Laksma TNI Agus Hariadi selanjutnya akan menjabat sebagai Komandan Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal), sementara Kolonel Mar Andi Rukman sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Panglima B Komsos Koarmada I.

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., memimpin Acara Pengukuhan Jabatan Komandan Lantamal XII Pontianak, di Gedung Imam Taufik, Pondok Dayung, Jakarta Utara, Rabu (29/7).

Menurut Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono
sebagai Komandan Lantamal XII yang baru Kolonel Marinir Andi Rukman, dimata Prajurit Lantamal XII serta Masyarakat Kalimantan Barat, khususnya Pontianak sudah tidak asing lagi karena beliau pada awal tahun 2015 sampai dengan 2017 menjabat sebagai Wadan Lantamal XII.

"Serah Terima Jabatan dalam suatu organisasi khususnya TNI /TNI AL  merupakan realisasi dari regenerasi kepemimpinan yang memiliki nilai dan arti strategis.," kata Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono.

Hal ini berkaitan erat dengan dinamika proses pembinaan secara menyeluruh dengan memberikan kesempatan kepada perwira terpilih untuk dapat berkreasi agar dapat memunculkan ide-ide positif dalam memajukan organisasi, sehubungan dengan tantangan tugas TNI Angkatan Laut dari waktu ke waktu bergerak dengan dinamis dan semakin kompleks, sehingga diperlukan adanya perubahan yang diarahkan untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Bersamaan dengan pengukuhan Danlantamal XII Pontianak juga dilaksanakan Serah Terima Jabatan Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada I dari Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duta, S.T., M.A.P., M.Tr(Han)., kepada Kolonel Laut (P) Dato Rusman S.N., S.E., M.Si. Selanjutnya Laksma TNI Didong menjabat sebagai Staf Khusus Kasal dan Kolonel Laut (P) Dato Rusman sebelumnya menjabat sebagai Paban V Straops Sopsal.

Sedangkan dua pejabat yang dikukuhkan bersamaan dengan Danlantamal XII yakni Pengukuhan Kolonel Laut (T) Catur Sudarsono, S.A.P., M.M., M.Si. (Han) sebagai Kapok Sahli Koarmada I (Organisasi Baru) sebelumnya menjabat sebagai Kasatharmatbar Dismatal dan Pengukuhan Kolonel Laut (T) A.R. Agus Santoso, S.T., sebagai Inspektorat Koarmada I (Validasi Organisasi).

Serah terima jabatan dilaksanakan dengan tetap mengacu protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan sarung tangan, dihadiri Kepala Staf Koarmada I, Danguspurla Koarmada I, Danguskamla Koarmada I, Danlantamal III, dan Pejabat Utama Koarmada I.

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top