Kuliner

Lepat Lau Santapan Warga Melayu Pontianak, di Saat Idul Adha

Photo : Makanan Lepat Lau

Pontianak - Merayakan hari raya Idul Adha banyak cara yang bisa dilakukan. Bisa dengan makan daging kambing atau menyantap makanan lainya yang lezat. Di Pontianak sendiri, setiap hari raya Idul Adha warga selalu menyantap makanan lepat lau yang dicocol dengan rendang daging sapi.

Makanan Lepat Lau, terbuat dari beras ketan bentuknya memanjang sekitar 10 cm dan dibungkus menggunakan daun pisang. Rasanya gurih, dan agak sedikit asin. Lepat Lau merupakan makanan khas suku melayu Pontianak yang turun temurun dari kakek moyang sejak ratusan tahun yang lalu.

Setiap menjelang hari raya Idul Adha, makanan ini selalu diburu oleh warga. Penjualnya pun terlihat dibeberapa titik di kota Pontianak. Diantaranya ada di Jalan Imam Bonjol, Jalan Tanjungpura, Jalan Tanjung Raya 1 dan Jalan Tanjung Raya dua.

Pedagang Lepat Lau, di Jalan Imam Bonjol, Senja mengatakan sudah menggelar dagangan lepat lau selama dua hari, dan sudah ada 40 ikat yang terjual. Dalam satu ikat lepat lau itu dia jual dengan harga Rp15 ribu. Warga yang membelipun rata-rata untuk disantap di hari raya Idul Adha.

"Kebanyakan yang beli warga muslim yang akan melaksanakan hari raya Idul Adha, tapi ada juga warga lainya yang beli buat oleh-oleh keluarga,"kata Senja kepada viva pada Jumat, 31 Juli 2020.

Senja melanjutkan, berdagang lepat lau sudah dia lakoni sejak 3 tahun yang lalu. Tapi, jualanya menurut senja hanya dua kali dalam setahun, yaitu ketika mau menyambut hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha.

"Saat menjelang hari raya saya baru jualan dan bisa dibilang dua kali dalam setahun. Karena kalau setiap hari jualan peminatnya tidak begitu banyak,"ucapnya.

Bahan Membuat Lepat Lau;

1. Beras ketan

2. Kelapa parut

3. Garam

4. Daun pisang

5. Kacang merah

6. Daging sapi

7. Kuah kari

Cara Membuat:

Beras ketan dicuci bersih, selanjutnya dikukus hingga masak. Setelah masak angkat dan dinginkan, kemudian dicampur kacang merah dan dibungkus menggunakan daun pisang muda. Setelah dibungkus daun pisang kemudian dikukus menggunakan dandang hingga matang. Apabila sudah matang angkat dan sajikan.

Untuk menyantap lepat lau, lebih nikmat di cocol menggunakan rendang sapi atau rendang daging kambing.

(Aj)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top