Regional

Pemprov Kalbar Gelar Rakor Persiapan Peringatan HUT RI Ke 75

Pontianak - Pemerintah Provinsi (Pemprov) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 di Provinsi Kalbar bersama Pemerintah Kabupaten/Kota yang dipimpin oleh Kepala Biro Pemerintahan Setda Kalbar bersama Stakeholder yang tergabung dalam Kepanitiaan di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (6/8).

Menurut Sekda Kalbar AL Leysandri, Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun 2020 akan dilaksanakan dengan nuansa yang  jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena telah terjadi pandemi covid-19.

Meskipun saat ini, Pemprov Kalbar dan Pemkab/Pemkot dan lainnya sudah hijau, tapi sesuai arahan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI dilaksanakan sesuai dengan Protokol covid-19," kata Sekda Kalbar dalam sambutan yang disampaikan oleh Asisten Pembangunan dan Perekonomian Sekda Kalbar Drs. Junaidi, M.M saat membuka Rapat Persiapan Peringatan HUT RI Ke 75 di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar.

Diingatkannya, kita harus tetap waspada dan berhati-hati guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan setelah peringatan HUT ke 75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebelumnya, Rapat Koordinasi Persiapan tanggal 29 Juni 2020 yang diikuti oleh Pimpinan Kementerian Lembaga terkait serta Gubernur dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se Indonesia telah menegaskan agar HUT Ke 75 Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan secara sederhana namun tetap memberikan nuansa dan kesan yang meriah.

"Diperlukan dukungan dan partisipasi dari semua elemen masyarakat agar turut serta memeriahkan Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020," pintanya.

Sesuai Surat Edaran Gubernur Kalbar yang telah disampaikan kepada Kepala OPD/ Instansi Vertikal dan Pemkab/Pemkot di Kalbar, Sekda Kalbar mengingatkan kembali agar kita semua berperan aktif  untuk mensosialisasikan tema dan logo peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada seluruh lapisan masyarakat sekaligus menghimbau masyarakat turut meriahkan HUT ke 75 dengan memasang dan mengibarkan bendera merah putih didepan rumah, toko, atau tempat usaha lainnya masing-masing serta jika dimungkinkan dapat disertai dengan pemasangan umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lain pada jalan, gang, komplek perumahan secara serentak mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2020.

Selanjutnya, sebagai rangkaian Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia juga meminta kepada semua masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi pada peringatan detik-detik HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2020 dengan cara menghentikan aktivitas sejenak serta berdiri tegak selama 3 menit pukul 10.17 sampai 10.20 wiba pada saat mengumandangkan lagu Indonesia Raya secara serentak pada tempat tempat tertentu.

"Untuk mendukung keberhasilan acara ini, saya minta dukungan dari jajaran TNI/Polri , Pemkab/Pemkot serta semua perangkat daerah Provinsi untuk mensosialisasikan secara terstruktur, terencana dan masif kepada seluruh masyarakat," ingatnya.

Jika memungkinkan, dapat memanfaatkan peralatan yang dimiliki untuk memperdengarkan suara penanda seperti suara sirine dan sebagainya sesaat sebelum lagu Indonesia Raya berkumandang, sekaligus menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serentak pada waktu tersebut agar Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 dapat berlangsung dengan meriah.

" Jajaran perangkat daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota juga dapat mengoptimalkan dan menggerakkan Forum-forum didaerah, Instansi swasta, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan elemen masyarakat lainnya untuk turut serta menyemarakkan Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia sesuai pedoman yang telah ditetapkan oleh pemerintah," pintanya.

Sebagai Informasi, untuk Pemerintah Kabupaten/Kota disampaikan rangkaian kegiatan yang telah diagendakan dalam rangka Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI tahun 2020 di Provinsi Kalbar untuk
1. Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dikantor Gubernur Kalbar yang akan diikuti oleh undangan secara terbatas Forkopimda dan OPD terkait dengan waktu pelaksanaan pada hari jumat 14 Agustus 2020 pukul  8.30 wiba sampai selesai.

2. Apel kehormatan dan Renungan Suci yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 16 Agustus 2020 pukul 24.00 wiba bertempat di Taman Makam Pahlawan dengan Koordinator kegiatan Dinas Sosial Provinsi Kalbar, sedangkan instansi sebagai petugas Upacara dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Supadio Pontianak.

3. Upacara peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada hari Senin 17 Agustus 2020 Pukul 07.30 wiba bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kalbar sebagai Koordinator kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja dengan instansi petugas upacara berasal dari Polda Kalbar.

4. Selanjutnya pada pukul 10.00 wiba Gubernur dan Forkopimda akan mengikuti Upacara ke 75 detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara secara virtual di Data Analitic Room Kantor Gubernur

5. Selanjutnya pada pukul 17.00 wiba Gubernur dan Forkopimda juga akan mengikuti Upacara Penurunan  ke 75 Kemerdekaan RI di Istana Negara secara virtual di Data Analitic Room Kantor Gubernur dengan koordinator kegiatan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika prov. Kalbar.

6. Pada waktu bersamaan pada tanggal 17 Agustus 2020 pada pukul 17.00 wiba dilakukan upacara penurunan bendera yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalbar selaku Inspektur Upacara dengan koordinator kegiatan oleh Satpol PP dan Instansi yang bertanggungjawab oleh TNI AL Lantamal XII Pontianak.

Berikutnya Untuk pengibar dan penurunan bendera pada upacara peringatan HUT ke 75 Proklamasi Kememerdekaan RI sebanyak masing-masing 3 orang berasal dari Paskibra tahun 2019, ditambah dengan cadangan dan tim korsik dari TNI AD Kodam XII/Tpr.

Berikutnya untuk susunan acara dalam pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI akan dilaksanakan dengan mengacu pada surat Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI nomor 0031/3467/POLPU tanggal 29 Juni 2020 hal partisipasi Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI tahun 2020.

Biro Pemerintahan Setda Kalbar memberikan kesempatan kepada para peserta rapat untuk dapat menyampaikan persiapan dan tindak lanjut yang telah dilakukan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang telah diberikan.

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top