Hukrim

Polres Mempawah Dapat Bantuan Mobil Olah TKP dari Mabes Polri

Mempawah - Polres Mempawah, Kalimantan Barat menerima pendistribusian 1 unit mobil olah tempat kejadian perkara jenis Toyota Hilux dari Pusinafis Bareskrim Polri kepada unit Identifikasi / INAFIS Polda dan Polres Jajaran Se Indonesia pada Selasa, 11 Agustus 2020.

"Dengan adanya pendistribusian 1 unit mobil dari Pusinafis Bareskrim Polri ini dapat meningkatkan kinerja Unit INAFIS Sat Reskrim Polres Mempawah lebih profesional dan Quick respon kepada Sat Reskrim Polres dan Polsek Jajaran Polres Mempawah yang membutuhkan bantuan serta Pelayanan Prima kepada masyarakat terasa puas terhadap pelayanan yang dilakukan oleh Polri,"ujar Ipda Lidwina Paur Humas Polres Mempawah.

Ia melanjutkan, Sebuah peralatan baru untuk mengefektifkan pelaksanaan tugas identifikasi kini dimiliki Satreskrim Polres Mempawah. Yakni, satu unit mobil operasional Indonesia Automatic Finger Print Identification System (Inafis). Mobil hibah dari Pusat Inafis Bareskrim Polri itu punya spesifikasi penggerak empat roda atau 4WD alias double gardan.

"Dengan spesifiikasi itu, mobil tersebut dapat menjelajah medan jalan yang berat, seperti jalan tanah menanjak dan berlumpur. Kondisi jalan seperti ini masih ditemukan di sebagian wilayah Kabupaten Mempawah,"ujar Lidwina.

Lebih lanjut, kata Lidwina Mobil operasional baru tersebut dilengkapi sejumlah peralatan canggih.
Antara lain, Identifikasi Portabel Sistem (IPS), Mobile Automatic Biomatric Identification Sistem (Mambis) dan peralatan pendukung olah TKP lainnya.

“Peralatan di mobil ini dapat mengidentifikasi jejak-jejak pelaku tindak pidana atau kriminal yang ada di TKP. Dengan metode Scientifik Crime Investigation (SCI) atau pembuktian tindak pidana secara ilmiah, sehingga akan memudahkan petugas dalam proses penyelidikan,"katanya.

Diapun mengatakan, bahwa Mobil Inafis yang memiliki peran canggih tersebut akan disiagakan 24 jam. Diharapkan, dengan tambahan peralatan baru tersebut dapat lebih mengefektikan tugas-tugas Satreskrim, khususnya bagian Inafis.

"Mudah-mudahan bisa lebih mengefektikan tugas-tugas Satreskrim Polres Mempawah dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,"tukasnya.

(Fai)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top