Hukrim

Polda Kalbar Tangkap Puluhan Pelaku Prostitusi Online

Pontianak - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalimantan Barat (Kalbar) bersama anggota Satreskrim Polresta Pontianak kota berhasil mengamankan 20 orang kasus prostitusi online pada Rabu, 12 Agustus 2020. Mirisnya Dari 20 orang tersebut ada 5 diantaranya anak dibawah umur.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalbar Kombes Pol Luthfie Sulistiawan menerangkan, pengungkapan kasus prostitusi online awalnya diungkap oleh Polresta Pontianak Kota beberapa pekan lalu. Kemudian Polda Kalbar membentuk tim untuk pengungkapan selanjutnya.

“Sebelumnya kasus prostitusi online ini diungkap oleh Sat Reskrim Polresta Pontianak, selanjutnya Polda Kalbar membentuk tim untuk melakukan pemetaan, penyelidikan terhadap praktek prostitusi online tersebut,"ujar Kombes Pol Lutfie Sulistiawan.

Ia menambahkan, setelah dibentuk Tim selama dua hari tim gabungan berhasil membongkar praktek prostitusi online dan berhasil membekuk 20 orang yang terdiri dari 10 wanita dan 10 pria. Selanjutnya, dalam pengungkapan tersebut satu orang mengkonsumsi narkoba dan 1 orang lainnya didapati membawa senjata tajam.

“Sebanyak 20 orang yang kami tangkap ini modusnya dengan menggunakan aplikasi online yaitu aplikasi MiChat. mereka menawarkan dan memasang tarif bervariasi untuk sekali kencan, dan
menetapkan beberapa penginapan dan hotel di Kota Pontianak, berkumpul dan melakukan transaksi,"kata Lutfie.

Lebih lanjut, kata Lutfie dari hasil pemeriksaan, motif yang mendasari para pelaku termasuk anak yang berada dibawah umur melalukan prostitusi ini adalah untuk memenuhi gaya hidup.

“Saya mengimbau agar orang tua senantiasa melakukan bimbingan, pendekatan dan pengawasan terhadap anak-anaknya sebagai tindakan pencegahan terjadinya prostitusi anak, baik sebagai korban maupun sebagai pelaku. khususnya dalam beraktifitas di media sosial,"pungkasnya.

(Rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top