Regional

Kepala Kesbangpol Kalbar Buka Mubeslub

Pontianak - Kepala Kesatuan, Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kalbar Drs Hermanus, M.Si membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kalbar di Hotel Golden Tulip. Sabtu (12/9).

Pembukaan Mubeslub MABT Kalbar ini juga dihadiri Pembina MABT Kalbar Santyoso Tio, SH, MH, Penggagas MABT Kalbar Suryanto, B.Sc,SH, Ir Andreas Acui Simanjaya, Koordinator Paguyuban Merah Putih Kalbar Jakius Sinyor bersama Budiman Thahir, Ketua Umum YBS Lo Cu Hong, Mantan Ketua Umum MABT Kalbar, Erick Suseno Martio, Ketua Carateker yang juga calon Ketua Umum MABT Kalbar Sutadi, SH, bersama Calon Ketua Umum MABT Kalbar Paulus Andy Mursalim dan Perwakilan DPD MABT 14 Kabupaten/Kota di Kalbar.

Kepala Kesatuan, Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kalbar Drs Hermanus, M.Si meminta kepada Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kalbar untuk dapat mmeningkatkan kemampuan dalam membangun komunikasi yang luwes dan efektif dengan masyarakat maupun dengan Pemerintah, sehingga partisipasinya dapat disenergikan dengan program dan Kebijakan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

"Saya harap, MABT Kalbar selalu memegang fungsi utamanya sebagai Ormas, dengan tetap mrnggali dan mengembangkan segenap potensi potensi adat budaya Tionghoa untuk kepentingan pembangunan," harap Drs Hermanus, M.Si, saat membuka Mubeslub MABT Kalbar di Hotel Golden Tulip,

Diharapkannya, Mubeslub MABT Kalbar dapat berjalan lancar serta dapat memberikan kontribusi dan manfaat yang besar bagi peningkatan peran serta MABT Kalbar dalam pembangunan dan aekaligus dapat bermanfaat bagi pengembangan dan konsolidasi organisasi sebagai bagian dari komponen bangsa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Mubeslub MABT Kalbar mempunyai arti dan kedudukan yang sangat penting dan strategis dan diamanatkan dalam AD/ART MABT. Ini juga upaya MABT untuk menyamakan, menyatukan dan menyelaraskan Program kerja MABT Kalbar sebagai upaya mewujudkan tujuan yang ingin dicapai," jelasnya.

Dalam Mubeslub MABT Kalbar, Mantan Wakil Bupati Kubu Raya juga meminta peserta Mubeslub MABT Kalbar harus mampu berpikir rasional, memegang teguh etika dan moral, ikut dalam menegakkan hukum dan keadilan, membangun budaya yang tumbuh dari kepribadian dan selaras dengan jati diri bangsa yang sehat, mempertahankan kemerdekaan dan ambil bagian dalam setiap proses pembangunan.

"MABT Kalbar dengan gerakkan dan aktivitasnya di tengah-tengah kehidupan masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan partisipasinya dan bersama-sama dengan pemerintah mengembangkan kehidupan yang demokratis demi tegak dan kokohnya NKRI," imgatnya.

Kemudian, mantan Staf Ahli Gubernur Bidang Politik dan Hukum juga meminta kepada MABT Kalbar agar tidak terjebak dalam kegiatan politik praktis, karena hal ini tentunya bertentangan dengan AD/ART MABT Kalbar maupun ketentuan peraturan perundang yang berlaku.

"MABT Kalbar ini ormas, bukan Parpol, jangan sampai akhirnya digiring dalam politik praktis," ingatnya.

Kepala Kesbangpol Kalbar juga mengajak kepada peserta Mubeslub MABT Kalbar untuk selalu menerapakan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 guna memutus penyebarannya yang saat ini kecenderungan terhadap pasien positif semakin bertambah.

"Marilah kita menerapkan protokol
kesehatan dengan metode 3 (M) yaitu Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Mencuci tangan dengan sabun. Saya harap, Mubeslub tidak menjadi klusters baru dalam penyebaran Covid-19 tapi menjadi momentum ide dan atau gagasan penanganan Covid-19 dan dampak ekonomi serta sosial," ajaknya.

Sementara, Ketua Carateker MABT Kalbar, Sutadi, SH mengatakan Mubeslub MABT Kalbar mengusung tema Konsolidasi Organisasi Untuk tingkatkan solidaritas antat Pengurus demi kemajuan MABT Kalbar.

"Konsolidasi ini untuk mengingatkan kembali Organisasi MABT di Kabupaten/Kota untuk membangun kebersamaan, rasa persatuan kepetingan dengan menanamkan semangat kebersamaan dalam melestarikan adat budaya Tionghoa di Kalbar," kata Sutadi dalam sambutannya.

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top