Regional

Sah! Paulus Andy Mursalim Jabat Ketua Umum MABT Kalbar

Photo : Ketua MABT Kalbar Paulus Andy Mursalim

Pontianak - Paulus Andy Mursalim/Tio Hie Khiang terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Majelis Adat Budaya Tionghoa (DPP MABT) Kalbar Periode 2020-2025 dalam Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) MABT Kalbar dengan memperoleh 17 Suara dan Sutadi 11 suara di Hotel Golden Tulip, Sabtu (12/9).

Mubeslub MABT Kalbar dengan agenda Tunggal Pemilihan Ketua Umum DPP MABT Kalbar antara Paulus Andy Mursalim dan Sutadi untuk memperebutkan suara dari 14 DPD MABT Kabupaten/Kota plus suara Carateker DPP MABT Kalbar dan Kaum Muda Tionghoa Kalbar.

Masing-masing DPD yang memiliki hak dua suara, organisasi sayap seperti Pemuda Tionghoa dua suara, serta Ketua Carataker satu suara. Total ada 31 orang memiliki hak pilih.

Namun, saat Proses Pemilihan Ketua Umum DPP MABT Kalbar berlangsung, DPD MABT Mempawah, Landak dan Ketapang hanya mengirimkan satu perwakilan sehingga memiliki satu suara untuk pilih.

"Total surat suara yang kita gunakan dalam pemilihan ini sebanyak 28 surat suara, dan 3 surat suara tidak kita gunakan karena ada 3 DPD MABT yang hanya mengirim 1 orang perwakilan untuk memilih," kata Pimpinan Sidang Mubeslub MABT Kalbar, Hamdan, S.Th.

Majunya Paulus Andy Mursalim dalam Pemilihan Ketua Umum DPP MABT Kalbar ini dikarenakan dirinya merasa peduli dan terpanggil untuk melestarikan dan menjaga Adat dan Budaya Tionghoa.

"Saya terpanggil dan peduli dengan MABT ini. MABT adalah aset kita kedepan. Tidak semua orang bisa terpanggil dan punya niat untuk memajukan harkat dan martabat kaumnya sendiri," kata Paulus Andy Mursalim dalam penyampaian Visi Misi.

Suatu kaum bisa berjalan dengan baik apabila dibantu olej kaumnya itu sendiri. Tidak ada orang lain yang bisa membantu kalau bukan kita sendiri.

"Saya maju dalam pemilihan ini karena saya merasa saya orang Tionghoa. Saya ingin ikut serta memajukan kaum kita sendiri. Kalau kita tak peduli siapa lagi yang peduli," jelasnya.

Terbentuk MABT ini adalah untuk mempersatukan Etnis Tionghoa di Provinsi Kalbar pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Beda pendapat membuat kita bersatu dan menjadi ransangan untuk kita maju. Kalau tidak ada perbedaan, itu bukan organisasi," ujarnya.

Melalui Visi nya, Paulus Andy Mursalim ingin
Mengangkat harkat dan martabat masyarakat Tionghua di Indonesia khususnya di Kalbar agar mandiri dalam berekonomi, berpolitik, bersosial, dan berbudaya.

Kemudian, Misi nya adalah untuk memperkuat dan memperkokoh Organisasi MABT melalui konsolidası Organisasi di Tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan se Kalbar.

"Mewujudkan Rumah Budaya Tionghoa Kalbar sebagai pusat inspirasi Pengembangan Budaya dalam rangka memperkuat MABT," ujarnya.

Dirinya juga bersedia menyediakan Sekretariat MABT yang Permanen
minimal untuk 5 Tahun, dan memperkuat serta mempererat hubungan kemasyarakatan dengan menjalin
kerjasama yang harmonis antar Lembaga/ Organisasi kemasyarakatan keagamaan dan Lintas Etnis Suku di Kalbar.

Memperkuat dan mengembangkan serta menginformasikan Ekonomi kerakyatan di Kalbar yang berbasis Teknologi dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Tionghoa di Kalbar dengan membuka akses ekonomi yang bertumpu pada sistem Padat Karya dan Modal.

"Saya akan menerapkan dan mengelola Jaringan Teknologi Media Sosial dalam mensosialisasikan program serta mempertajam gerakan MABT secara
Organisasi, maupun Individu," ujarnya.

(Dika)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top