Politik

Bawaslu Kalbar Tindak 9 ASN Langgar Netralitas Jelang Pilkada

Ketua Bawaslu Kalbar Ruhemansyah

Pontianak - Ketua Badan Pengawas Pemilu Umum Provinsi Kalimantan Barat Ruhemasyah menyampaikan ada 9 Aparatur Sipil Negara (ASN) di tindak lantaran melakukan pelanggaran netralitas jelang pilkada serentak tahun 2020 pada Kamis, 17 September 2020. Sembilan ASN itu berada di Kabupaten Sintang, Sekadau dan Sambas.

"Jelang pilkada serentak yang akan di dilaksanakan di 7 Kabupaten Kota di Kalbar pada tanggal 9 Desember Tahun 2020. Kami telah menindak 9 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melanggar Netralitas. Dan dari 9 ASN tersebut sudah ada yang diberikan sanksi,"kata Ruhemansyah.

Ia melanjutkan, bahwa penindakan terhadap 9 Aparatur Sipil Negara tersebut juga bekerjasama dengan komisi ASN. Dan dari 9 ASN yang melanggar ada satu orang yang sudah di berikan sanksi peringatan.

"Selain 9 Aparatur Sipil Negara yang kami tindak, kami juga mencatat pada saat pendaftaran paslon pada tanggal 4 hingga 6 September masih ada kerumunan sebelum mendaftar ke KPU,"ujar Ruhermansyah.

Dia pun mengatakan, Bawaslu akan mensosialisasikan tentang protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada di masa pandemi COVID-19, apabila sudah disosialisasikan ada yang melanggar maka akan ditindak.

"Bawaslu akan melakukan penindakan kepada paslon atau penyelenggara pemilu yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Dan apabila ada yang tidak patuh atau melawan petugas saat diminta taat protokol kesehatan maka ada sanksi pidana,"tuturnya.

(Rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top