Politik

Pemkab Kubu Raya Siap Gelar Pilkades Serentak 2021

Kubu Raya – Memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak tahun 2021 berlangsung lancar, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar Rapat Persiapan Pilkades Serentak Tahun 2021, Senin (14/10), di Ruang Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya. Rapat dibuka Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

Dalam arahannya, Muda menyebut pilkades merupakan kegiatan kontestasi politik dengan sistem pelaksanaan yang telah terbangun. Namun kondisi pandemi Covid-19 saat ini menjadikan ajang pilkades rentan dengan berbagai dinamika.

“Tentulah ini sistemnya sudah terbangun. Tinggal menavigasi semua kondisi ini supaya bisa terkendali dengan baik. Seperti pilkada, di mana sekarang banyak sorotan yang melihat pada soal protokol kesehatan dan sebagainya, dan itu juga menjadi suatu potensi konflik di sana-sini,” ujarnya.

Muda mengatakan menjelang pelaksanaan pilkades serentak, dinamika politik lokal di desa akan terjadi. Karena itu, dirinya mengajak semua pihak untuk menyikapi secara bijak berbagai fenomena yang ada. Menurutnya, situasi pandemi menuntut adanya ketenangan dalam berbagai lini kehidupan masyarakat.

“Tentu namanya politik lokal ada dinamika. Tinggal kita menyikapinya dengan lebih sejuk dan bijak. Dalam situasi pandemi ini, saya ingatkan agar kita mengedepankan sikap jiwa besar dan kepemimpinan yang lebih memberikan ketenangan. Karena bagaimana pun situasi pandemi ini membutuhkan ketenangan,” tuturnya.

Ia menyatakan pihaknya komit untuk mengawal pergelaran pilkades di tengah pandemi. Terlebih Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah berpengalaman menggelar pilkades serentak 60 desa pada beberapa waktu lalu. Menurutnya, hal itu menjadi pengalaman penting untuk dapat kembali melaksanakan pilkades dengan baik.

“Dari pilkades serentak yang lalu, tentu sudah banyak catatan kita yang bisa menjadi pengalaman. Mulai dari pembiayaan, daftar pemilih tetap, sampai kepada hal-hal yang terkait dengan proses-proses pengamanan dan sebagainya. Sebab pemerintah kabupaten melalui dinas dan kecamatan akan berupaya melakukan pilkades ini dengan sangat bermartabat sesuai visi kita,” terangnya.

Kepada kepala desa inkumben yang akan kembali maju, Muda meminta untuk tidak terganggu dengan hiruk pikuk pilkades. Menurutnya kades tetap harus fokus dengan tanggung jawab yang diemban.
“Saya berharap fokusnya tidak terganggu. Termasuk yang akan maju lagi. Justru harus semakin kencang membuat perubahan. Jadikan kemenangan itu akibat, bukan tujuan,” pesannya.

(Rio)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top