Travel

Warga Sungai Kakap Gelar Robo Robo

Photo : Istimewa

Kubu Raya - Kalimantan Barat memiliki banyak tradisi dan budaya di bidang pariwisata yang sangat potensial untuk dikembangkan. Salah satu budaya dan tradisi yang patut di kembangkan adalah tradisi Robo-robo.

Ritual Robo - Robo merupakan tradisi turun temurun yang ada sejak puluhan tahun yang lalu dan selalu diperingati setiap tahun oleh warga Desa Punggur Kapuas Kecamatan Sungai kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Tradisi Robo - robo ini digelar setiap hari Rabu terakhir di bula Safar menurut penanggalan hijriah. Dan upacara robo-robo ini memiliki nilai sejarah karena merupakan peristiwa penting untuk dikenang dalam sejarah Kubu Raya

Hadir dalam kegiatan robo-robo di sungai kakap diantaranya Ketua DPP FKOB Kalbar Sdr.Ardiansyah SH,MH., Kasat Intelkam Polres Kubu Raya Iptu Hasiholand Saragih.SH., Penasehat DPD Kubu Raya Puang H.Usman,Tokoh Masyarakat Bugis dan Laskar FKOB Kab Kubu Raya beserta anggota FKOB(Forum Komunikasi Orang Bugis).

Kegiatan ritual robo-robo yang berlangsung berlangsung sederhana mengingingat situasi masih pandemi covid-19 maka ritual robo-robo hanya di hadiri FKOB beserta para anggotanya dan dalam kegiatanya hanya melakukan ritual Ma' Penu'Penu (Buang Buang) dan baca doa selamat, pemberian songkok adat kepada Matoa pemimpin doa (songkok recak). Pembuatan Vidio pernikahan adat Bugis serta Pelantikan Pengurus Forum Kerukunan Orang Bugis Kubu Raya.

Dalam sambutannya DR.ARDIANSYAH SH.MH (ketua DPD FKOB Kalbar) menyampaikan” Kegiatan ritual robo-robo yang dilakukan oleh masyarakat kecamatan sungai kakap dilaksanakan setiap tahun, namun sekarang situasi sedang ada Pademi Covid 19 maka kegiatan diminimalisir dan difokuskan pada acara Buang-buang saja, namun acar ini tetap harus kita jalankan karena merupakan tradisi serta adat turun-temurun” sambutnya.

“Kita mengharapakan ritual Robo-robo di kecamatan sungai kakap agar dilakukan secara sederhana mungkin mengingat masih masa pandemi covid-19 kita sudah menghimbau kepada panitia tetap lakukan protokol kesehatan dengan melakukan 3 M yaitu mengunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan serta menjaga jarak,"tuturnya.

(Fai)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top