Sport

Timas U-16 Sudahi Pemusatan Latihan

Tim Nasional Indonesia U-16 menyudahi pemusatan latihan (TC) mereka untuk bulan November ini. Kegiatan yang sudah berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor selama hampir satu bulan itu, (sejak dimulai dari tanggal 16 November 2020) terus diisi dengan latihan-latihan perbaikan evaluasi setelah tim ini berjumpa dua kali dengan timnas UAE U-16 dalam laga uji coba beberapa bulan yang lalu.

Tak hanya memperbaiki performa anak-anak asuhnya, pelatih kepala tim, Bima Sakti Tukiman juga ingin membiasakan para pemainnya untuk langsung beradaptasi dengan model jadwal dan cuaca saat nanti di turnamen Piala Asia U-16. Dirinya mengungkapkan hal itu, agar para pemainnya bisa lebih siap menghadapi turnamen tersebut.

“Di TC kita yang terakhir bulan ini, kami mengadakan internal game, beberapa hari sebelumnya kami juga melakukan hal yang sama. Hal ini guna untuk membiasakan anak-anak bagaimana nanti saat menghadapi turnamen Piala Asia U-16, saya juga menyamakan jadwal seperti halnya turnamen tersebut, dimana ada waktu main, istirahat, lalu main kembali. Kemudian, saya juga ingin membiasakan para pemain untuk bermain di perubahan kondisi cuaca, seperti dari sejuk ke panas, yang kita lakukan pagi ini, hingga menjelang siang hari,” kata Bima Sakti, Sabtu (28/11/2020).

Selain itu juga Bima mengatakan, fisik, taktik dan hubungan kekompakan sesama pemain selama TC berlangsung juga sudah dapat. “Saya melihat banyak sekali yang meningkat dari pemain, seperti kerja sama tim, koordinasi lini belakang yang selama ini menjadi kekurangan kita, saat dua kali bertemu tim UAE U-16 sudah membaik. Dimana tim harus bermain lebih dekat dan rapat lagi dalam bertahan untuk antisipasi serangan balik langsung dari lawan, agar tidak mudah ditembus lawan,” ceritanya.

Bima mengatakan, terus mempersiapkan timnya, untuk itu dia berencana untuk kembali menggelar pemusatan latihan di bulan Desember 2020. “Rencananya kita akan TC kembali di tanggal 6 Desember 2020, kemungkinan diselenggarakan di Sleman,” katanya.

Terakhir, mantan pemain tim nasional Indonesia era 90-an itu berharap di pemusatan latihan berikutnya, tim U-16 bisa lebih baik lagi. “Hampir sama disetiap pemusatan latihan, kami akan terus memberikan materi latihan fisik (ini yang harus setiap waktu dijaga) saat ini, Alhamdulillah, fisik para pemain semakin meningkat. Semoga saja bisa lebih baik lagi dan yang pasti sampai saat ini koordinasi masih kurang, terutama barisan bertahan, dimana mereka harus sejajar, harus drop back saat lawan melakukan long pass direct. Itu yang nanti akan terus kami perbaiki,” harapnya.

Sementara itu, menurut Lugas Satrya Pratama, salah satu dari pemain yang baru dipanggil Bima Sakti ke dalam TC ini mengatakan kemampuan sepak bolanya semakin meningkat. “Alhamdulillah, selama TC ini berlangsung, performa saya sudah lebih meningkat, ada memang beberapa kesalahan yang saya buat, tapi saya bisa langsung mengoreksi diri dan memperbaikinya selama TC,” ucap striker SSB Gasliko itu.

Lugas juga senang bisa bergabung dan berlatih dibawah bimbingan Bima Sakti dan staf pelatih lain. “Saat pertama kali dipanggil, saya sangat bersemangat dan senang. Disini saya banyak belajar, tentang disiplin waktu, dan lainnya, serta bagaimana hubungan dengan rekan satu tim lainnya. Saya berharap bisa dipanggil kembali di TC berikutnya,” tutupnya.

TC timnas U-16 ini menjadi rangkaian TC yang dilakukan dalam mempersiapkan skuat Garuda Asia jelang putaran final Piala AFC U-16 yang rencananya akan berlangsung di Bahrain tahun 2021 mendatang.

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi ini dan tergabung di grup D bersama Jepang, Arab Saudi dan Cina.

Sumber : pssi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top