Kisah Mbah Borus Tanam Bunga Bangkai Sejak Tahun 1995

  • Whatsapp

Pontianak – Mbah Borus seorang kakek berusia 95 tahun merupakan warga di RT 02 RW 11 Dusun Mulyo Rejo, Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat yang memiliki dua bunga Bangkai yang tumbuh di kebun di belakang rumah.

Dari penuturan Mbah Borus bahwa bunga Bangkai tersebut sejak tahun 1995 sudah mulai ditanam, dan hingga saat ini sudah berbunga sebanyak 5 kali. Menurut dia pertama kali tahun 2018 bunga tumbuh disamping rumah sebelah kiri dan sempat ramai dikunjungi warga.

Bacaan Lainnya

Kemudian pada tahun 2020 kembali berbunga dua, yang satu dibelakang rumah dan yang satu lagi disamping rumah. Tapi, bunga yang disamping rumah sudah layu lantaran umurnya sudah 15 hari. Dan bunga yang di belakang rumah sudah mau mekar dan baru berumur 7 hari.

Bunga bangkai berusia 7 hari mulai mekar.

Bunga bangkai berusia 7

“Menanam bunga Bangkai ini ada caranya, tidak semua orang bisa, dan kalau pun bisa menanam belum tentu bisa berbunga. Kebanyakan orang yang menanam bunga ini justru tumbuh pohon Sluwek bukan tumbuh bunga,”ujar Borus saat ditemui pada Selasa, 15 Desember 2020.

Ia melanjutkan, tips menanam bunga Bangkai supaya tumbuh bunga ada caranya. Yang pertama umbi bunga Bangkai mesti yang berukuran besar, dan saat menanam jangan terbalik, yaitu posisi yang ada bakal tunas mesti diatas dan saat dipendam ketanah jangan terlalu dalam.

“Dengan cara menanam seperti yang saya ajarkan diatas insyallah dalam waktu tidak terlalu lama akan tumbuh bunga. Contohnya bunga yang sudah mekar ini hanya dalam waktu kurang lebih 4 bulan sudah tumbuh bunga dan sudah mekar,”ujar Borus.

Lebih lanjut, kata dia, awal menanam bunga Bangkai pada waktu itu sekitar Tahun 1995 bibitnya secara tiba-tiba dapat di kebun yang saat itu ada sebuah kadang sapi. Tidak jauh dari kandang tersebut ada sebuah pohon Sluwek yang kemudian di tanam dan berbunga Bunga Bangkai.

“Awalnya saya dapat pohon Sluwek dekat kandang sapi, setelah saya tanam pada tahun 2018 tumbuh menjadi 3 bunga Bangkai yang saat itu langsung membuat heboh warga yang tinggal di dekat dekat sini. Pada saat itu saya pun heran menanam pohon Sluwek malah tumbuh bunga,”tuturnya.

(Fai)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *