Politik

Wagub Kalbar Menyampaikan Rancangan Perda Nomor 8 Tahun 2016

Pontianak - Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Drs. H. Ria Norsan., M.M., M.H., menyampaikan jawaban Gubernur Kalbar terhadap pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Kalbar terhadap rancangan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalbar tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Barat pada masa Persidangan II (Kedua) DPRD Provinsi Kalbar di Ruang Balairungsari Kantor DPRD Provinsi Kalbar, Rabu (13/1).

Wagub Kalbar Drs. H. Ria Norsan., M.M., M.H.,menyampaikan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan terhadap tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) khususnya bidang pertanahan yang bersifat teknis operasional, maka perlu penambahan urusan pemerintahan yang serumpun dengan urusan perumahan rakyat dan kawasan permukiman sehingga bidang pertanahan yang merupakan urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, diusulkan untuk diwadahi tugas dan fungsinya kedalam Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Kalimantan Barat sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah dan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Peralihan sub urusan pertanian (peternakan), sub urusan sarana perizinan usaha pertanian serta sub urusan kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, yang menyatakan bahwa sub urusan peternakan merupakan bagian dari pertanian, sedangkan untuk beban kerja peternakan selanjutnya akan ditampung pada 2 bidang yang akan dilakukan redistribusi pegawai untuk penyelesaian tugas dan fungsi agar kedua sub urusan ini baik perkebunan maupun peternakan dilaksanakan sesuai target kinerjanya.

Sedangkan untuk urusan pertanian, sesuai Peraturan Pemerintah Daerah Nomor 18 Tahun 2016, saat ini telah tertampung tugas dan fungsinya pada 3 perangkat daerah yaitu Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Dinas Perkebunan. Selanjutnya dalam rangka penyesuaian tugas dan fungsi dengan nomenklatur susuai Permendagri Nomor 90 Tahun 2019, perlu dilakukan perubahan nomenklatur pada perangkat daerah yang terdiri dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura menjadi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura tanpa menghilangkan tugas dan fungsi pertanian, Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan menjadi Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perkebunan menjadi Dinas Perkebunan dan Peternakan.

Selanjutnya terkait dengan urusan energi dan sumber daya mineral pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral yang akan digabungkan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Kalbar sesuai ketentuan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, memuat penguasaan mineral dan batu bara (fungsi kebijakan, pengaturan, pengurusan, pengelolaan dan penguasaan) diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat. Sehingga dengan diperkecilnya kewenangan provinsi maka berdampak pada tugas dan fungsi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terhadap pertambangan mineral dan Batubara.

"Untuk proses perizinan berusaha pertambangan mineral dan batubara masih menunggu terbitnya peraturan pemerintah dan peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral," jelas H. Ria Norsan.

Dikatakannya, terhadap hal-hal yang dianggap belum cukup menjawab pertanyaan, saran dan kritik dari Anggota Dewan yang terhormat, kami mengharapkan dapat diperdalam/dibahas lebih lanjut dalam rapat pembahasan antara Pansus dengan Tim Eksekutif.

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada saudara Ketua, Wakil Ketua dan seluruh Anggota Dewan. Kami yakin dan percaya dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan dengan disertai kesungguhan, keikhlasan dan kerjasama yang baik serta usaha yang maksimal antara Eksekutif dan Legislatif, maka tugas seberat apapun akan mampu kita laksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab," pungkasnya.

(Fai)

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top