Duh! Kasus Cabul di Sanggau Tinggi, Pelakunya Keluarga Dekat

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Sanggau Aloysius Yanto

Sanggau – Kejahatan terhadap anak dibawah umur di Kalimantan Barat terus terjadi. Khususnya di Kabupaten Sanggau. Setidaknya ada 98 kasus anak berhadapan dengan hukum yang tercatat di Dinas Sosial Kabupaten Sanggau selama 3 Tahun.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau, Aloysius Yanto, mengatakan kasus anak berhadapan dengan hukum dari tahun ke tahun di Kabupaten Sanggau jumlahnya terus naik. Kasus tersebut terus naik kata dia sejak 3 tahun terakhir dari tahun 2018 hingga tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Pada tahun 2018 kasus anak berhadapan dengan hukum ada 21, tahun 2019 ada 32 dan pada tahun 2020 ada 45 kasus. Dan kasus anak berhadapan dengan hukum didominasi kasus pencabulan terhadap anak dibawah umur yang pelakunya orang dewasa dan kerabat dekat,”ujar Aloysius kepada viva pada Jumat, 26Februari 2021.

Ia mengatakan, dari jumlah kasus anak berhadapan dengan hukum, kasus yang tercatat paling banyak adalah kasus pencabulan anak dibawah umur, dan kasus pencurian. Faktor penyebab terjadinya kasus-kasus tersebut diduga karena salah pergaulan, media sosial dan kurangnya pengetahuan tentang hukum.

“Dari jumlah kasus pencabulan yang kami catat rata-rata korbanya seorang wanita, dan anak bawah umur. Kemudian, pelakunya orang dewasa dan kerabat dekat,”ujarnya.

Lebih lanjut, kata Aloysius, dari jumlah kasus anak berhadapan dengan hukum korban yang paling lama dititipkan untuk mendapatkan pendampingan dan keamanan adalah kasus dua anak bawah umur yang satu anak tiri dan keponakan yang diduga dicabuli oleh ayah tiri.

“Kasus ini sampai memakan waktu hampir 2 bulan saat dititipkan di Dinas Sosial. Akibat saking lamanya dititipkan disini sampai kami hampir tidak ada anggaran untuk biaya hidup mereka sehari-hari,”tuturnya.

(Fai)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
33 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
67 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *