Pemkab Kayong Utara Tetapkan  Status Siaga Karhutla

  • Whatsapp
Dalam upaya pencegahan dan  penanggulangan Karhutla, Bupati Kayong Utara Citra Duani mengajak seluruh stakeholder serta masyarakat untuk tanggap mendeteksi dini hotspots dan firespots, serta tidak menciptakan api di Lahan yang kering (Photo:istimewa)

Kayong Utara – Dalam upaya pencegahan dan  penanggulangan Karhutla, Bupati Kayong Utara Citra Duani mengajak seluruh stakeholder serta masyarakat untuk tanggap mendeteksi dini hotspots dan firespots, serta tidak menciptakan api di Lahan yang kering.

“Agar tidak berdampak luas dan tidak mengalami kerugian besar, kita harus bersatu, bergerak cepat, melakukan monitoring rutin, meningkatkan frekuensi patroli dan pemeriksaan di lapangan”ucap Citra saat ditemui pada acara Rakor penanggulangan Karhutla di Pontianak, Kamis (25/2).

Bacaan Lainnya

Dalam rangka Mempercepat penanggulangan bupati Citra telah menerbitkan surat keputusan status siaga bencana Karhutla di Kayong Utara tahun 2021 yang diharapakannya dapat menjadi dasar bagi pemerintah dan BPBD untuk segera mengambil tindakan.

“jangan menunggu api meluas baru bertindak, akan semakin sulit dipadamkan. kita mengambil langkah antisipasi dan pencegahan untuk itu 19 Februari lalu kita sudah menetapkan status siaga” tegasnya.

Pengalaman penanganan karhutla di tahun sebelumnya, menjadi dasar bagi citra untuk lebih baik dan sistematis melakukan inovasi-inovasi, serta mengambil langkah-langkah kebijakan untuk mempercepat atau mempermudah upaya pencegahan karhutla.

“Kita lakukan pemetaan didaerah rawan terjadi Karhutla, ditempat tersebut kita monitoring terus, membuat kanal, parit, dan menjaga ketersediaan air dan pompa air dilokasi terdekat”Ucapnya.

Selanjutnya, Rapat Koordinasi Antar Lembaga yang diselenggarakan oleh Polda Kalbar ini merupakan langkah evaluasi penanganan karhutla dari berbagai kondisi di lapangan, serta langkah persiapan ke depan menghadapi Karhutla tahun 2021.

“Adapun pokok-pokok arahannya yaitu  penataan pengelolaan ekosistem gambut, dengan pengendalian hidrologi. pengendalian dan pemadaman segera setiap titik api dan penegakan hukum secara tegas bagi pembakar hutan agar memberikan efek jera” tambahnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
17 %
Excited
Excited
33 %
Sleepy
Sleepy
17 %
Angry
Angry
17 %
Surprise
Surprise
17 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *