Jelang Ramadhan, Warga Sungai Bangkong Bersihkan Lingkungan

  • Whatsapp
Photo : Irvan/delikkalbar.com

Pontianak – Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah  kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

Di Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak khususnya kerja bakti masih sering dilaksanakan meskipun dalam pelaksanaanya belum rutin tiap minggu atau tiap bulan , seperti membangun rabat jalan, membersihkan jalan ataupun lingkungan sekitar, membersihkan saluran irigasi dan kegiatan kegiatan lainnya.

Bacaan Lainnya

Bertepatan hari Minggu tanggal 04 April 2021 para ketua Rt dari RT 01 hingga 07, RW 19 di lingkungan Kelurahan Sungai Bangkong Kecamatan Pontianak Kota melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan jalan poros desa. Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Sekretaris Kecamatan Pontianak Kota Martagus,SE., Lurah Sungai Bangkong Ernawati, S.Sos., Sertu Kartono Babinsa Kelurahan Sungai Bangkong dan beserta aparat perangkat Kelurahan Sungai Bangkong. (04-04-2021)

“Kegiatan kerja bakti dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dengan menggerakkan Rt untuk bersih-bersih dilingkungannya masing-masing yang sebenanya dari bulan lalu sudah mulai digerakkan namun baru terlihat diakhir minggu ini. Dan kita juga mengundang bapak Camatnya untuk memantau daerah-daerah dekat sini yang juga meliputi pemasangan lampu dan masjid-masjid dekat sini. Juga dalam rangka tetap menegakkan protokol kesehatan kami dari kelurahan mengadakan pembagian masker untuk warga masyarakat yang mengadakan gotong royong. Harapan saya agar program gotong royong ini tetap berjalan terjadwal paling tidak sebulan sekali biar terjaga bersih asri yang itu juga untuk menjaga kesehatan kita semua.” Ujar Ernawati,S.Sos Lurah Sungai Bangkong.

Kegiatan Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan yang saat ini dilaksanakan di jalan poros Gg. Kemuning 3 RW 19 di lingkungan Kelurahan Sungai Bangkong Kecamatan Pontianak Kota untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput, pohon yang sudah rimbun. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan.

“Selaku ketua Rw 19 dalam menyambut bulan suci Ramadhan saya memang meminta untuk semua jajaran dibawah Rw 19 ini yang terdiri dari 7 RT dari Rt 01 sampai dengan Rt 07 dan juga partisipasi semua warga untuk bergotong royong sehingga kita bisa menunjukan kepada masyarakat bahwa untuk keberadaan masyarakat ini untuk saling bersilaturahmi.” Ujar Suparno, SH., Ketua RW 19 Kelurahan Sungai Bangkong.

“Selain untuk menjaga kebersihan,  kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di wilayah Kelurahan Sungai Bangkong Kecamatan Pontianak Kota. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 06.00 WIB.  Dengan penuh semangat warga RW 19 Kelurahan Sungai Bangkong membersihkan lingkungan di sepanjang jalan lingkungan.” Tutur Sertu Kartono Babinsa Sungai Bangkong.

(Irvan Suyadi)

Happy
Happy
50 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
50 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *