Menilik Keunikan Rumah Radakng Kota Pontianak

  • Whatsapp
Rumah Adat Dayak suku Kenayant Kalimantan Barat di Jalan Letjen Sutoyo Pontianak Selatan Kalimantan Barat (Photo : Sarmaji/delikkalbar.com).

Pontianak – Jika anda sedang berjalan jalan atau sedang berkunjung ke Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat jangan lupa mampir di tempat wisata yang satu ini. Yaitu objek wisata rumah Radakng atau Rumah Panjang yang berada di JL Letjen Sutoyo, Kecamatan Pontianak Selatan.

Rumah asli suku Dayak Kanayant Kalimantan Barat ini dibangun dengan ukuran panjang 180 meter dan lebar 30 meter. Apa saja keunikan dari Rumah Radang atau Rumah Panjang ini mari simak penjelasan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat Jakius Sinyor.

Bacaan Lainnya

“Filosofi rumah Radakng atau disebut Rumah panjang menggambarkan persatuan, kebersamaan dan toleransi. Dan di rumah panjang ini bisa menampung banyak orang untuk kegiatan silahturahmi dan acara adat,”ujar Jakius pada Jumat, 16 April 2021.

Ia mengatakan, rumah radakng di Jalan Sutoyo miniaturnya memang masih dibangun menggunakan kayu, lantaran ingin mempertahankan bentuk aslinya. Seperti tangga masih dari kayu, dinding dari kulit kayu dan bentuknya panggung.

“Alasan kenapa rumah radakng dibuat seperti panggung, karena jaman dulu orang yang membangun sudah memprediksi kawatir banjir dan agar menjaga bentuk aslinya,”ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, rumah radakng sejak tahun 1960 mulai punah sehingga sulit mendapati bentuk aslinya. Namun, dia bersyukur saat ini rumah radakng atau yang disebut rumah berbentuk panjang sudah mulai dibangun kembali oleh pemerintah, Sehingga rumah panjang sudah bisa ditemui di Kabupaten Sanggau, Landak dan Kabupaten lainya di Kalbar.

“Saya berharap rumah panjang yang merupakan rumah adat Dayak Kalbar ini bisa terus dijaga dan di lestarikan. Karena satu-satunya peninggalan nenek moyang yang masih terlihat dan mudah ditemui yaitu rumah adat,”katanya.

Ia menambahkan, rumah panjang yang berada di Jalan Letjen Sutoyo, memiliki dua lantai. Satu lantai dibawah, dan satu lantai tingkat dua ada sejumlah ruangan untuk sekretariat pengurus Dewan Adat Dayak Kota Pontianak, dan satu ruangan lagi untuk Sekretariat Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Barat.

“Fungsi sekretariat ini untuk pelayanan kepada masyarakat atau wisatawan yang ingin mengetahui tentang rumah radakng atau yang biasa disebut rumah panjang,”tuturnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *