Buron 3 Tahun, Terpidana Kasus Korupsi Irigasi Sanggau Ditangkap

  • Whatsapp
Foto : Kepala Kejati Kalbar Masyhudi

Pontianak – Tim Tangkap Buron Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat berhasil menangkap seorang daftar pencarian orang (DPO) Nurcahyo Wiyono dalam kasus tindak pidana korupsi pembangunan peningkatan jaringan irigasi Jangkang Kompleks, Kabupaten Sanggau Tahun 2014.

Terpidana Nurcahyo Wiyono berhasil ditangkap pada Tanggal 15 April 2021 di Jalan Gendong Kuning Selatan No.5 RT.01/RW. 01 Kelurahan Purbayan Kecamatan Kota Gede, Yogyakarta pukul 15.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Masyhudi menjelaskan, bahwa terpidana Nurcahyo Wiyono masuk dalam daftar pencarian orang sejak 3 tahun lalu. Dan berdasarkan keputusan Mahkamah Agung pada tanggal 19 Juli 2017 terpidana Nurcahyo Wiyono di jatuhi hukuman 4 Tahun penjara dan denda Rp 200 juta.

“Terpidana Ir. R. Nurcahyo Wiyono ini ditangkap Tim Tangkap Buron Bidang Intelijen Kejati Kalbar dibantu Tim Tabur Bidang Intelijen Kejati Yogyakarta pada Kamis, 15 April 3021. Kasusnya terpidana korupsi Pelaksanaan Pembangunan dan Peningkatan Jaringan Irigasi Jangkang di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat pada Tahun Anggaran 2014,”ujar Masyhudi Jumat, 16 April 2021.

Ia mengatakan, Berdasarkan Putusan Mahkamah Agung Nomor : 2698 K/PID.SUS/2016 tanggal 19 Juli 2017, menyatakan terdakwa Ir. R. Nurcahyo Wiyono, MM., terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Korupsi secara bersama- sama dan menjatuhkan pidana penjara selama 4 (empat) tahun dan denda sebesar Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 6 (enam) bulan.

“Saat ini terpidana Nurcahyo Wiyono di tahan di Rumah Tahanan Yogyakarta. Dan saya mengucapakan terima kasih kepada aparat penegak hukum Yogyakarta yang telah membantu DPO Nurcahyo Wiyono yang merupakan DPO Kejari Sanggau sejak tahun 2017,”ujarnya.

Lebih lanjut, kata Masyhudi, saat ini masih ada 19 orang daftar pencarian orang lagi yang masih dalam proses pencaraian Tim Tangkap Buron Kejati Kalbar. Iapun mengimbau kepada para buronan agar segera menyerahkan diri, karena tidak ada tempat yang aman untuk para terpidana di negeri ini.

“Saya mengimbau kepada 19 orang yang masuk dalam daftar pencarian orang supaya cepat menyerahkan diri. Karena cepat atau lambat pasti Tim Tabur Kejati Kalbar yang bekerjasama dengan aparat hukum lainya akan segera melakukan penangkapan,”tuturnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *