Usut Kasus Korupsi Program PKH, Kejari Sanggau Geledah Bank BRI

  • Whatsapp
Anggota Kejaksaan Negeri Sanggau melakukan penggeledahan disalah satu rumah dan Bank BRI pada Kamis, 29 April 2021. (Photo: delikkalbar.com)

Sanggau – Kejaksaan Negeri Sanggau melakukan penggeledahan kantor unit Bank BRI Tayan Hilir dan satu unit rumah di Dusun Cempedak. Penggeledahan tersebut untuk melengkapi alat bukti dalam kasus dugaan korupsi program keluarga harapan.

Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Tengku Firdaus mengatakan, bahwa penggeledahan yang dilakukan di dua tempat kantor BRI Tayan Hilir dan satu unit rumah di Dusun Cempedak terkait kasus dugaan korupsi program keluarga harapan. Dia mengatakan ada dugaan penyimpangan dalam program PKH tersebut.

Bacaan Lainnya

“Dalam kasus dugaan korupsi program keluarga harapan ini kerugian negara sekitar Rp 1,8 Milyar. Dan program ini berada di 15 desa di Kabupaten Sanggau,”ujar Tengku pada Kamis, 29 April 2021.

Ia mengatakan, saat penggeledahan ada sejumlah dokumen yang berhasil dibawa, nantinya dokumen tersebut akan diteliti untuk pengembangan selanjutnya. “Kami akan lakukan pengembangan dan penelitian lebih lanjut,”ujarnya.

Lanjut Tengku, sebelumnya Kejaksaan Negeri Sanggau telah menetapkan dua orang mantan koordinator PKH Pagar Silok berinisial P dan TY sebagai tersangka. Kemudian kedua tersangka telah ditahan di rumah tahanan Sanggau.

“Kedua tersangka akan dikenakan pasal Primair: pasal 2 ayat (1) UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Junto pasal 64 ayat (1) KUHP Pidana.

Subsidair Pasal 3 UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Junto pasal 64 ayat (1) KUHP Pidana.

“Ancamannya hukuman penjara 20 tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar,”tutupnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *