TNI AL Kerahkan 2 Pesud Cari Korban Kapal Tenggelam di Perairan Kalbar

  • Whatsapp

Pontianak – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII (Lantamal XII) Pontianak mengerahkan 2 Pesawat Udara (Pesud) TNI AL CN 235 P-8305 dan Casa NC-212 P-8203 untuk membantu proses pencarian dan pertolongan ABK kapal yang tenggelam di Perairan Kalimantan Barat, (18/7).

Sebelumnya TNI AL telah mengerahkan 2 unsur KRI dari Koarmada I, yakni KRI Kerambit 627 dan KRI Usman Harun 359 untuk diikutkan dalam operasi SAR gabungan.

Bacaan Lainnya

“Lantamal XII hari ini mengerahkan KAL Sambas dan 2 Sea Rider Lantamal XII bersama unsur bantuan dari Koarmada I, yaitu KRI Usman Harun 359 dan KRI Kerambit 627 guna melaksanakan pertolongan dan pencarian korban tenggelamnya kapal-kapal di perairan Kalimantan Barat yang terjadi sejak tanggal 13 Juli yang lalu. Hari ini Lantamal XII juga mendapat bantuan dari Koarmada I yaitu 2 Pesawat Udara TNI AL CN 235 P-8305 dan Casa NC-212 P-8203 yang sudah tiba di Pontianak. Diharapkan dengan adanya bantuan KRI dan Pesud dari Koarmada I Baik tersebut dapat membantu pelaksanaan SAR gabungan yang sudah kita laksanakan bersama sejak tanggal 14 Juli 2021,” ungkap Danlantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman.

Hari ini, Sea Rider Lantamal XII melakukan evakuasi terhadap kapal KM Hayden Mina Jaya yang mengangkut 10 ABK yang tenggelam di Perairan Pulau Sitijan Kalimantan Barat, 3 dari 9 ABK Kapal belum di temukan sehingga kapal harus di evakuasi ke perairan lebih dangkal guna memastikan bila masih ada korban yang terperangkap di dalam kapal tersebut.

Dari data yang di himpun oleh Tim SAR Gabungan dari 17 kapal yang mengalami kecelakaan di laut, total ABK kapal yang menjadi korban mencapai 134 orang, sebanyak 77 orang selamat, 42 orang dalam pencarian, 15 orang meninggal dunia diantaranya 10 orang teridentifikasi dan 5 orang masih belum terindentifikasi.

“Saya minta para nelayan dan pemilik kapal serta pengguna laut lainnya agar selalu memperhatikan peralatan keselamatan kapal dengan melengkapi peralatan keselamatan di setiap kapal dan mempertimbangkan faktor cuaca apabila akan melaut,”tutupnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *