LSM Minta Tipikor Polres Kubu Raya Periksa Program Pamsimas di Desa Jangkang

Kubu Raya – Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Jangkang 1 Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya di sorot karena proyek yang baru seumur jagung itu saat ini sudah tidak bisa dinikmati oleh masyarakat.

Kepala Satuan Kerja Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Barat, Uray Asikin menjelaskan, bahwa program Pamsimas di Desa Jangkang 1 Kecamatan Kubu dilaksanakan oleh Tim KKM dengan sistim swakelola yang diawasi oleh masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Program Pamsimas dilaksanakan oleh Tim KKM dan dananya juga di transfer langsung ke Tim KKM. Tapi kegiatan diawasi oleh masyarakat setempat. Dan tupoksi dari Balai Prasarana Permukiman Kalbar hanya membantu pada saat pencairan dana,” ujar Urai dikutip Senin, 21 Maret 2022.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LPPN-Ri Kalbar, Dedi Arpandi meminta kepada Tipikor Polres Kubu Raya agar melakukan penyelidikan program Pamsimas di Desa Jangkang 1 dan Desa Lainya yang sudah dilaksanakan tapi tidak ada asas manfaatnya.

“Saya minta Tipikor Polres Kubu Raya melakukan pemeriksaan program Pamsimas yang ada di Kabupaten Kubu Raya. Dan apabila dalam proses pemeriksaan nanti ada kerugian Negara agar diproses secara tuntas,” ujar Dedi.

Sebelumnya diberitakan, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Program Pamsimas  bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan  Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Dari hasil investigasi media ini di Desa Jangkang 1 Kecamatan Kubu, program Pamsimas sepertinya diduga belum selaras dengan tujuan pemerintah. Karena program Pamsimas di Desa Ini yang dibangun pada Tahun 2021 hanya bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar 2 bulan lantaran mesin untuk sedot air mengalami masalah.

Ketua RT setempat Waldi mengatakan bahwa program Pamsimas di wilayah nya ada 3 titik. Satu berada tidak jauh dari tempat tinggalnya dan yang 2 titik lagi berada di sebuah sekolah Negeri. Tapi dari tiga titik program Pamsimas tersebut yang 2 titik sumber airnya dari sumur dan yang satu lagi dari parit dan sumur bor.

“Satu titik Pamsimas ini sudah sejak Februari hingga Maret airnya memang tidak mengalir kerumah warga karena pulsa token listrik yang ada di kilo meter sudah habis. Kemaren saya sudah minta uang sama pak Kades untuk beli token listrik tapi belum dikasih oleh pak Kades,” ujar Walidi dikutip Minggu, 20 Maret 2022.

Ia menambahkan, kendala air bersih program Pamsimas tidak mengalir ke rumah warga karena mesin yang ada untuk nyedot air dan mendistribusikan air juga cepat panas kalau dinyalakan. kemampuan mesin kalau dinyalakan menurut Waldi hanya 2 jam dan jika dipaksakan khawatir rusak.

“Tapi kendala air tidak mengalir ke rumah warga ini karena token listrik habis dan belum dibeli. Kalau token sudah diisi maka mesin bisa nyala dan air bisa mengalir,” tambah Waldi.

Lebih lanjut, Waldi mengatakan, saat ini ada sekitar 15 rumah warga yang sudah bisa menikmati air bersih dari program Pamsimas tersebut. Namun kata dia air bersih tersebut memang tidak bisa setiap hari di distribusikan kepada warga karena waktunya sudah diatur pada tanggal genap.

“Mesin hidup pada tanggal genap saja misalnya hari ini tanggal 20 harusnya nyala, tapi karena tak ada token listrik jadi mati. Dan program ini Pamsimas ini dananya hampir Rp 2 ratus juta,”kata Waldi.

Sementara warga setempat Musasang mengatakan, bahwa jaringan pipa air bersih tersebut sampai di TR 7, dan air bersih tersebut hanya bisa untuk cuci dan mandi. ” Airnya hanya bisa untuk mandi dan cuci piring, dan saya baru tahu juga kalau sumber airnya dari parit seperti ini,” tuturnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.